Rabu, 25 Januari 2017

KISI KISI UASBN IPS SMP K13 RESMI

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2013 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MATA PELAJARAN: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL






Level Kognitif



ASPEK KERUANGAN DAN KONEKTIVITAS ANTAR RUANG DAN WAKTU



KELEMBAGAAN SOSIAL DAN DINAMIKA INTERAKSI MANUSIA
PERKEMBANGAN
MASYARAKAT KEBUDAYAAN DAN PEMERINTAHAN SEJAK PRA-AKSARA SAMPAI DENGAN MEMPERTAHANKAN NKRI



KEGIATAN PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI INTERNASIONAL
Pengetahuan dan
Pemahaman Memahami Mengidentifikasi Menjelaskan Menyebutkan Mendeskripsikan Memberi contoh Menentukan Menunjukkan
Siswa mampu memahami dan menguasai aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek regional: letak Indonesia, geologis, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas manusia,bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara,
negara maju/berkembang.
Siswa mampu memahami dan menguasai:
 penduduk
 proses sosial
 bentuk-bentuk interaksi sosial
 perubahan sosial
 penyimpangan sosial
 keragaman sosial dan budaya
 lingkungan hidup dan
pembangunan berkelanjutan
-  fungsi dan peran lembaga sosial
Peserta didik mampu memahami kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat pra-aksara, masa Hindu-Budha, masa Islam serta peninggalannya, masa kolonialisme, masa pergerakan dan pembangunan nasional, persiapan proklamasi, kehidupan sosial,
ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
Peserta    didik    mampu    memahami    dan menguasai tentang:
-     Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-     Manusia sebagai makhluk sosial dan
ekonomi yang bermoral
-     Badan-badan Kerjasama internasional/
regional
-     Kegiatan ekspor dan impor
-      -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-     Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
-     Uang dan lembaga keuangan
Aplikasi
Mengklasifikasi Menghitung Menggunakan Menyelesaikan Menerapkan Menentukan Membedakan Memprediksi Menginterpretasikan
Siswa mampu
menentukan penyelesaian aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek nasional: letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas manusia,bentuk muka
Siswa mampu
menentukan penyelesaian permasalahan:
-    penduduk
-    proses sosial
-    bentuk-bentuk interaksi sosial
-    perubahan sosial
-    penyimpangan sosial
-    lingkungan hidup
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa pra- aksara, Hindu-Budha,
Islam, kolonialisme,
liberalisme, masa pergerakan dan
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan

-     Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-     Gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-     Kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan
manusia
-     Manusia sebagai makhluk sosial dan







Level Kognitif



ASPEK KERUANGAN DAN KONEKTIVITAS ANTAR RUANG DAN WAKTU



KELEMBAGAAN SOSIAL DAN DINAMIKA INTERAKSI MANUSIA
PERKEMBANGAN
MASYARAKAT KEBUDAYAAN DAN PEMERINTAHAN SEJAK PRA-AKSARA SAMPAI DENGAN MEMPERTAHANKAN NKRI



KEGIATAN PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI INTERNASIONAL
Memberi contoh Menemukan Menghubungkan
bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara, negara maju/berkembang.
pembangunan berkelanjutan
pembangunan nasional, persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
ekonomi yang bermoral
-     Sistem ekonomi dan pajak
-     Badan-badan Kerjasama internasional/
regional
-     Penerapan pajak dalam kehidupan
sehari-hari-hari berdasarkan data
-      Pemeranan pemerintah dalam upaya
menanggulangi ketenaga kerjaan
-      -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-     Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
Uang dan lembaga keuangan
Penalaran
Menganalisis Memprediksi Membuktikan Mengkombinasi Membandingkan Menyimpulkan Mengevaluasi Mensintesis
Siswa mampu
menganalisis tentang aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek Nusantara: letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas
manusia,bentuk muka bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia
tenggara, negara maju/berkembang.
Siswa mampu
menganalisis tentang:
-    -penduduk
-    proses sosial
-     bentuk-bentuk interaksi sosial
-    perubahan sosial
-    penyimpangan sosial
-     lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam mengkaji konsep-konsep kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa pra-aksara, masa Hindu- Budha, Islam, kolonialisme, danliberalisme masa pergerakan dan pembangunan nasional, persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam
memecahkan masalah tentang:
-      -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-     Uang dan lembaga keuangan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar