KISI-KISI UJIAN
SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
KURIKULUM 2013
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MATA PELAJARAN: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Level Kognitif
|
ASPEK KERUANGAN DAN
KONEKTIVITAS
ANTAR RUANG DAN WAKTU
|
KELEMBAGAAN SOSIAL DAN
DINAMIKA
INTERAKSI MANUSIA
|
PERKEMBANGAN
MASYARAKAT
KEBUDAYAAN DAN
PEMERINTAHAN SEJAK PRA-AKSARA SAMPAI
DENGAN MEMPERTAHANKAN NKRI
|
KEGIATAN PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI
INTERNASIONAL
|
Pengetahuan dan
Pemahaman Memahami Mengidentifikasi
Menjelaskan Menyebutkan
Mendeskripsikan
Memberi contoh Menentukan Menunjukkan
|
Siswa mampu memahami dan menguasai aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam aspek
regional: letak Indonesia,
geologis, pengelolaan
sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas manusia,bentuk muka
bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia tenggara,
negara maju/berkembang.
|
Siswa mampu memahami dan menguasai:
- penduduk
- proses sosial
- bentuk-bentuk interaksi sosial
- perubahan sosial
- penyimpangan sosial
- keragaman sosial dan
budaya
- lingkungan hidup dan
pembangunan berkelanjutan
- fungsi dan peran
lembaga sosial
|
Peserta didik mampu memahami kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat pra-aksara,
masa Hindu-Budha,
masa Islam serta peninggalannya, masa kolonialisme, masa pergerakan dan
pembangunan nasional, persiapan proklamasi, kehidupan sosial,
ekonomi, politik, budaya
setelah proklamasi kemerdekaan
|
Peserta didik mampu
memahami dan menguasai tentang:
- Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
- Manusia sebagai makhluk sosial dan
ekonomi yang bermoral
- Badan-badan Kerjasama internasional/
regional
- Kegiatan ekspor dan impor
- -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
- Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
- Uang dan lembaga keuangan
|
Aplikasi
Mengklasifikasi
Menghitung Menggunakan Menyelesaikan
Menerapkan Menentukan Membedakan Memprediksi Menginterpretasikan
|
Siswa mampu
menentukan penyelesaian
aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam aspek nasional: letak Indonesia,
pengelolaan
sumberdaya alam, kondisi geografis dengan aktivitas
manusia,bentuk muka
|
Siswa mampu
menentukan penyelesaian
permasalahan:
- penduduk
- proses sosial
- bentuk-bentuk interaksi sosial
- perubahan sosial
- penyimpangan sosial
- lingkungan hidup
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang kehidupan sosial, ekonomi,
budaya, politik masa pra- aksara, Hindu-Budha,
Islam, kolonialisme,
liberalisme, masa
pergerakan dan
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan
- Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan
pasar
- Gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
- Kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan
manusia
- Manusia sebagai makhluk sosial dan
|
Level Kognitif
|
ASPEK KERUANGAN DAN
KONEKTIVITAS
ANTAR RUANG DAN WAKTU
|
KELEMBAGAAN SOSIAL DAN
DINAMIKA
INTERAKSI MANUSIA
|
PERKEMBANGAN
MASYARAKAT
KEBUDAYAAN DAN
PEMERINTAHAN SEJAK PRA-AKSARA SAMPAI
DENGAN MEMPERTAHANKAN NKRI
|
KEGIATAN PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI
INTERNASIONAL
|
Memberi contoh Menemukan Menghubungkan
|
bumi, sumberdaya alam,
peta, iklim, asia tenggara,
negara maju/berkembang.
|
pembangunan berkelanjutan
|
pembangunan nasional, persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi,
politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
|
ekonomi yang bermoral
- Sistem ekonomi dan pajak
- Badan-badan Kerjasama internasional/
regional
- Penerapan pajak dalam kehidupan
sehari-hari-hari berdasarkan data
- Pemeranan pemerintah dalam upaya
menanggulangi ketenaga kerjaan
- -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
- Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
Uang dan lembaga keuangan
|
Penalaran
Menganalisis
Memprediksi
Membuktikan Mengkombinasi
Membandingkan
Menyimpulkan
Mengevaluasi
Mensintesis
|
Siswa mampu
menganalisis tentang aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam aspek
Nusantara: letak Indonesia, pengelolaan
sumberdaya alam,
kondisi geografis dengan aktivitas
manusia,bentuk muka
bumi, sumberdaya alam, peta, iklim, asia
tenggara, negara
maju/berkembang.
|
Siswa mampu
menganalisis tentang:
- -penduduk
- proses sosial
- bentuk-bentuk
interaksi sosial
- perubahan sosial
- penyimpangan sosial
- lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
|
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam
mengkaji konsep-konsep kehidupan sosial, ekonomi,
budaya, dan politik masa
pra-aksara, masa Hindu- Budha, Islam, kolonialisme, danliberalisme masa pergerakan dan
pembangunan nasional, persiapan proklamasi, kehidupan sosial, ekonomi,
politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam
memecahkan masalah tentang:
- -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
- Uang dan lembaga keuangan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar