KISI-KISI UJIAN
SEKOLAH
BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
KURIKULUM 2006
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
MATA PELAJARAN: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|||
KEANEKARAGAMAN BENTUK
MUKA BUMI, GEJALA
GEOSFER DAN KEPENDUDUKAN
|
SOSIALISASI DAN
PERUBAHAN SOSIAL
|
PERKEMBANGAN
MASYARAKAT KEBUDAYAAN DAN
PEMERINTAHAN SEJAK PRA- AKSARA SAMPAI DENGAN MEMPERTAHANKAN
NKRI
|
KEGIATAN PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI
INTERNASIONAL
|
|
Pengetahuan dan
Pemahaman Memahami Mengidentifikasi Menjelaskan Menyebutkan
Mendeskripsikan
Memberi contoh Menentukan Menunjukkan
|
Peserta didik
mampu memahami dan menguasai:
- keragaman bentuk muka
bumi dengan
aktivitas
penduduk
- proses pembentukan muka
bumi
- gejala atmosfer
- gejala hidrosfer
- kondisi geografik
dengan penduduk
- peta, atlas dan globe
- Asia Tenggara
- negara berkembang, negara
maju
- benua dan samudera
|
Peserta didik
mampu memahami dan menguasai:
- penduduk
- proses sosial
- bentuk-bentuk
interaksi sosial
- perubahan
sosial
- penyimpangan
sosial
- lingkungan
hidup pembangunan
berkelanjutan
|
Peserta didik mampu memahami kehidupan
sosial, ekonomi, budaya masyarakat pra-aksara, masa Hindu-
Budha, masa Islam serta
peninggalannya, masa kolonialisme, masa pergerakan nasional,
persiapan
proklamasi kehidupan sosial, ekonomi,
politik, budaya setelah
proklamasi kemerdekaan
|
Peserta didik
mampu
memahami
dan
menguasai tentang:
- Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
- Gagasan kreatif dalam
tindakan ekonomi
dan kegiatan ekonomi
- Manusia sebagai
makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
- Badan-badan Kerjasama
internasional/ regional
- -Tindakan ekonomi dan kegiatan
ekonomi
- Permintaan dan penawaran serta
terbentuknya harga
- Uang dan lembaga keuangan
|
Aplikasi
Mengklasifikasi Menghitung
Menggunakan
Menyelesaikan Menerapkan Menentukan Membedakan Memprediksi
Menginterpretasikan
|
Peserta didik mampu
menentukan penyelesaian
- keragaman bentuk
muka bumi dengan
aktivitas penduduk
- proses pembentukan
muka bumi
- kondisi geografik dengan penduduk
- sketsa, pengetahuan
|
Peserta didik mampu
menentukan penyelesaian
permasalahan:
- penduduk
- proses sosial
- bentuk-bentuk
interaksi sosial
- perubahan sosial
- penyimpangan sosial
|
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan
pemahaman tentang
kehidupan
sosial, ekonomi,
budaya, politik masa pra-
aksara, Hindu-Budha,
Islam,
kolonialisme, liberalisme,
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan
pengetahuan
- Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
- Gagasan kreatif dalam
tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
- Kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia
- Manusia sebagai
makhluk sosial dan
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|||
KEANEKARAGAMAN BENTUK
MUKA BUMI, GEJALA
GEOSFER DAN KEPENDUDUKAN
|
SOSIALISASI DAN
PERUBAHAN SOSIAL
|
PERKEMBANGAN
MASYARAKAT KEBUDAYAAN DAN
PEMERINTAHAN SEJAK PRA- AKSARA SAMPAI DENGAN MEMPERTAHANKAN
NKRI
|
KEGIATAN PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI
INTERNASIONAL
|
|
Memberi contoh Menemukan
Menghubungkan
|
peta, atlas dan globe
- Asia Tenggara
- negara berkembang,
negara maju
- benua dan samudera
|
- lingkungan hidup
pembangunan
berkelanjutan
|
masa pergerakan nasional,
persiapan
proklamasi kehidupan sosial, ekonomi,
politik, budaya setelah
proklamasi kemerdekaan
|
ekonomi yang bermoral
- Sistem ekonomi dan pajak
- Penerapan pajak dalam kehidupan
sehari-hari-hari
berdasarkan data
- Pemeranan pemerintah dalam upaya
menanggulangi ketenaga kerjaan
- -Tindakan ekonomi dan kegiatan
ekonomi
- Permintaan dan penawaran serta
terbentuknya harga
- Uang dan lembaga keuangan
|
Penalaran
Menganalisis Memprediksi Membuktikan Mengkombinasi
Membandingkan
Menyimpulkan
Mengevaluasi
Mensintesis
|
Peserta didik mampu
menganalisis tentang:
- keragaman bentuk
muka bumi dengan
aktivitas penduduk
- proses pembentukan
muka bumi
- kondisi geografik dengan penduduk
|
Peserta didik mampu
menganalisis tentang:
- -penduduk
- proses sosial
- bentuk-bentuk interaksi sosial
- perubahan
sosial
- penyimpangan sosial
- lingkungan hidup
pembangunan berkelanjutan
|
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam mengkaji konsep-konsep
kehidupan
sosial, ekonomi,
budaya, dan politik masa pra- aksara, masa Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, danliberalisme
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar
dalam memecahkan masalah tentang:
- -Tindakan ekonomi dan kegiatan
ekonomi
- Uang dan lembaga keuangan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar