Rabu, 25 Januari 2017

KISI KISI UASBN IPS SMP KTSP RESMI

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH KURIKULUM 2006 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MATA PELAJARAN: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL





Level Kognitif
Lingkup Materi

KEANEKARAGAMAN BENTUK MUKA BUMI, GEJALA GEOSFER DAN KEPENDUDUKAN



SOSIALISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL
PERKEMBANGAN
MASYARAKAT KEBUDAYAAN DAN PEMERINTAHAN SEJAK PRA- AKSARA SAMPAI DENGAN MEMPERTAHANKAN NKRI

KEGIATAN PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI INTERNASIONAL
Pengetahuan dan
Pemahaman Memahami Mengidentifikasi Menjelaskan Menyebutkan Mendeskripsikan Memberi contoh Menentukan Menunjukkan
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-    keragaman bentuk muka
bumi dengan aktivitas penduduk
-     proses pembentukan muka bumi
-    gejala atmosfer
-    gejala hidrosfer
-     kondisi geografik dengan penduduk
-    peta, atlas dan globe
-    Asia Tenggara
-     negara berkembang, negara maju
-    benua dan samudera
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-  penduduk
-  proses sosial
-  bentuk-bentuk interaksi sosial
-  perubahan sosial
-  penyimpangan sosial
-  lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
Peserta didik mampu memahami kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat pra-aksara, masa Hindu- Budha, masa Islam serta peninggalannya, masa kolonialisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi kehidupan sosial, ekonomi,
politik, budaya setelah
proklamasi kemerdekaan
Peserta  didik  mampu  memahami  dan menguasai tentang:
-     Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-     Gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi
dan kegiatan ekonomi
-     Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral
-     Badan-badan Kerjasama internasional/ regional
-      -Tindakan ekonomi dan kegiatan
ekonomi
-     Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
-     Uang dan lembaga keuangan
Aplikasi
Mengklasifikasi Menghitung Menggunakan Menyelesaikan Menerapkan Menentukan Membedakan Memprediksi Menginterpretasikan
Peserta didik mampu
menentukan penyelesaian
-      keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
-      proses pembentukan muka bumi
-      kondisi geografik dengan penduduk
-      sketsa, pengetahuan
Peserta didik mampu
menentukan penyelesaian permasalahan:
 penduduk
 proses sosial
 bentuk-bentuk
interaksi sosial
 perubahan sosial
 penyimpangan sosial
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa pra- aksara, Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, liberalisme,
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan

-     Pelaku ekonomi badan usaha, koperasi dan pasar
-     Gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-     Kelangkaan sumberdaya dan kebutuhan manusia
-     Manusia sebagai makhluk sosial dan






Level Kognitif
Lingkup Materi

KEANEKARAGAMAN BENTUK MUKA BUMI, GEJALA GEOSFER DAN KEPENDUDUKAN



SOSIALISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL
PERKEMBANGAN
MASYARAKAT KEBUDAYAAN DAN PEMERINTAHAN SEJAK PRA- AKSARA SAMPAI DENGAN MEMPERTAHANKAN NKRI

KEGIATAN PEREKONOMIAN INDONESIA, KERJA SAMA DAN LEMBAGA EKONOMI INTERNASIONAL
Memberi contoh Menemukan Menghubungkan
peta, atlas dan globe
-      Asia Tenggara
-      negara berkembang, negara maju
-      benua dan samudera
 lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya setelah proklamasi kemerdekaan
ekonomi yang bermoral
-     Sistem ekonomi dan pajak
-     Penerapan pajak dalam kehidupan
sehari-hari-hari berdasarkan data
-      Pemeranan pemerintah dalam upaya
menanggulangi ketenaga kerjaan
-      -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-     Permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga
-     Uang dan lembaga keuangan
Penalaran
Menganalisis Memprediksi Membuktikan Mengkombinasi Membandingkan Menyimpulkan Mengevaluasi Mensintesis
Peserta didik mampu
menganalisis tentang:
-      keragaman bentuk muka bumi dengan aktivitas penduduk
-      proses pembentukan muka bumi
-      kondisi geografik dengan penduduk
Peserta didik mampu
menganalisis tentang:
-    -penduduk
-    proses sosial
-    bentuk-bentuk interaksi sosial
-    perubahan sosial
-    penyimpangan sosial
-    lingkungan hidup
pembangunan berkelanjutan
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam mengkaji konsep-konsep kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa pra- aksara, masa Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, danliberalisme
Peserta didik mampu menggunakan nalar
dalam memecahkan masalah tentang:
-      -Tindakan ekonomi dan kegiatan ekonomi
-     Uang dan lembaga keuangan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar