Rabu, 15 Januari 2014
HASIL MATERI BINTEK MGMP IPS
KD : Siswa dapat mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan.
Rumusan masalah:
Apakah hasil belajar tentang kemampuan siswa dalam mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan dapat ditingkatkan dengan penerapan metode diskusi pada siswa kelas VII-A SMPN 2 Rembang Kab. Rembang Jawa Tengah semester 1 tahun pelajaran 2013/2014?
Variabel X = hasil belajar tentang kemampuan
siswa dalam mendeskripsikan
keragaman bentuk muka bumi,
proses pembentuk, dan dampaknya
terhadap lingkungan
Variabel Y = penerapan metode diskusi
Subjek = siswa kelas VII-A
Seting tempat = SMPN 2 Rembang Kab.
Rembang Jawa Tengah
Seting waktu = semester 1 tahun pelajaran
2013/2014
KD : Siswa dapat menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR
TENTANG KERAGAMAN BENTUK MUKA BUMI, PROSES PEMBENTUK, DAN DAMPAKNYA TERHADAP LINGKUNGAN
MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI PADA SISWA VII-A SMPN 2 REMBANG
KAB. REMBANG JAWA TENGAH
SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2013/2014
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Isinya : alasan-alasan mengapa masalah
tersebut penting untuk diteliti
a. Nilai hasil belajar siswa tentang deskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan belum optimal
b. Materi tentang deskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan menjadi prasarat bagi pembelajaran KD berikutnya
c. Metode diskusi lebih memungkinkan siswa untuk berbagi
Nilai hasil belajar siswa tentang deskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretes berikut ini.
Tabel 1. Nilai Kemampuan Pendeskripsian Keragaman Kentuk Muka Bumi, Proses Pembentuk, dan Dampaknya terhadap Lingkungan Kelas VII-A SMPN 1 Rembang Tahun Pelajaran 2013/2014
No Nama Nilai KKM
1 Anton 6,4 7,0
2
3
4
5
6
7 Zakaria 8,1 7,0
Berdasarkan tabel tersebut dapat diketahui bahwa, kemampuan siswa kelas VII-A dalam menguasai KD tersebut masih di bawah KKM. Oleh karena itulah, peneliti memandang perlu untuk dilakukan perbaikan pembelajaran agar nilai siswa meningkat.
Sementara itu, materi tentang deskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan menjadi prasarat bagi pembelajaran KD berikutnya. Apabila siswa tidak menguasai materi ini maka dipastikan tidak akan mampu mengikuti pembelajaran pada PD berikutnya. Hal ini akan berpengaruh terhadap prestasi belajar mapel IPS secara umum. Oleh karena itu, penuntasan hasil pembelajaran tentan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan mutlak harus penelitia lakukan.
Ada banyak cara yang dapat penulis tempuh untuk memperbaiki hasil belajar tentang keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan. Salah satunya adalah penerapan metode diskusi. Hal ini karena metode tersebut lebih memungkinkan siswa untuk berbagi. Dengan berbagi maka siswa yang pandai dapat membantu siswa lain yang belum menguasai materi tersebut. Dengan cara ini penulis yakin hasil belajar tentang keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan akan dapat ditingkatkan.
Ketiga alasan itulah yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki hasil belajar tentang keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan di kelas VII-A.
1.2 Identifikasi Masalah
Isinya : tulis 5-10 pertanyaan yang intinya terkait
rumusan masalah (variabel X dan Y)
Beradasarkan latar belakang di atas, peneliti mengidentifikasi adanya beberapa persoalan di kelas VII-A SMPN 2 Rembang terkait pembelajaran tentang keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan. Persoalan atau masalah yang berhasil peneliti identifikasi antara lain:
a. Apakah penyebab rendahnya nilai kemampuan mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan pada siswa kelas VII-A SMP N 2 Rembang?
b. Mengapa motivasi belajar geografi siswa kelas VII-A SMP N 2 Rembang rendah?
c. Apakah metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar tentang keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan pada siswa kelas VII-A SMPN 2 Rembang?
d. Apa penyebab pasifnya siswa kelas VII-A SMPN 2 Rembang dalam mengikuti pembelajaran geografi?
e. Bentuk evaluasi apa yang sesuai untuk mengukut keberhasilan belajar materi terkait keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan?
1.3 Rumusan Masalah
Isinya : pembatasan/penentuan salah satu masalah untuk diteliti, berikut alasannya, lalu dirumuskan menjadi kalimat rumusan masalah.
Berdasarkan hasil identifikasi masalah tersebut di atas, peneliti membatasi ruang lingkup penelitian ini hanya pada upaya untuk meningkatkan hasil belajar materi tentang keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan. Hal itu karena masalah tersebut sangat mendesak untuk diselesaikan, agar pembelajaran pada KD-KD berikutnya terlaksanan dengan baik/lancar.
Oleh karena itulah, dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:
Apakah hasil belajar tentang kemampuan siswa dalam mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan dapat ditingkatkan dengan penerapan metode diskusi pada siswa kelas VII-A SMPN 2 Rembang Kab. Rembang Jawa Tengah semester 1 tahun pelajaran 2013/2014?
1.4 Tujuan Penelitian
Isinya : hal-hal yang akan dicapai peneliti dengan dilakukannya penelitian tersebut.
Tujuan harus sejalan dengan rumusan masalah (terkait varibel X dan Y).
Pelaksanaan penelitian ini diharapkan dapat:
a. meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A SMPN 2 Rembang dalam mempelajari pendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan,
b. mendeskripsikan proses pelaksanaan metode diskusi untuk mempermudah pembelajaran tentang pendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan.
1.5 Manfaat Penelitian
Isinya : apa-apa yang akan diperoleh oleh pihak-pihak tertentu yang terkait dengan masalah yang diteliti. Manfaat dirinci sesuai dengan pihak-pihak tersebut.
Hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat kepada pihak pemerintah, sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa.
a. Manfaat bagi Pemerintah
Pemerintah, terutama Pemda Kab. Rembang dapat menjadikan hasil PTK ini sebagai masukan untuk mengukur kinerja guru-guru.
b. Manfaat bagi Sekolah
Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh sekolah sebagai bahan untuk memetakan aktivitas guru dalam memperbaiki pembelajaran.
c. Manfaat Bagi Guru
Para guru dapat memanfaatkan hasil penelitian ini untuk menjadi masukan guna memperkaya wawasan tentang upaya perbaikan pembelajaran geografi, khususnya pada materi pendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentuk, dan dampaknya terhadap lingkungan di kelas VII SMP.
d. Manfaat Bagi Siswa
Siswa akan memperoleh manfaat dari penelitian ini berupa pelayanan pembelajaran yang lebih baik dari gurunya.
e. Manfaat Bagi Orang Tua Siswa / Masyarakat
Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi orang tua guna mengukur kemampuan guru-guru yang mereka percayai dalam mendidik putra-putri mereka.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
-
Bismilahir rohmanir rohim Berikut ini 6 Bahan Bacaan KURIKULUM MERDEKA TERBARU : 1. Permendikbudristek Nomor 12/2024 tentang kurikulum mer...
-
PANDUAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Pada tanggal 22 Juli 2024 sesuai kalender akdemik merupakan h...
-
Bukti Dukung Pengelolaan Penilaian E Kinerja pada PMM Penilaian perilaku kerja guru oleh kepala sekolah adalah suatu proses evaluasi yang ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar