Rabu, 15 Januari 2014
RPP KURIKULUM 2013 HASIL DISKUSI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP ....................................................
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester : VI / 1
Tema : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Sub Tema : Konektivitas Antar Ruang dan Waktu
Pertemuan Ke : 1 dan 2
Alokasi waktu : 4 x 40 Menit
A. KOMPETENSI INTI :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
Menghargai karunia Tuhan yang maha Esa telah menciptakan manusia dan
lingkungannya
2.1 Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, aman, dan percaya diri sebagaimana ditunjukan oleh tokoh tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupan sekarang
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik)
4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Membedakan pengertian ruang dan waktu
2. Mengidentifikasikan unsur antar ruang dipermukaan bumi
3. Menjelaskan konektivitas antar ruang dan waktu
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi siswa dapat :
1. Membedakan pengertian ruang dan waktu dengan benar
2. Mengidentifikasikan unsur antar ruang di permukaan bumi dengan tepat
3. Menjelaskan konektivitas antar ruang dan waktu di permukaan bumi dengan benar
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian ruang dan waktu
2. Unsur antar ruang di permukaan bumi
3. Konektivitas antar ruang dan waktu di permukaan bumi
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Saintifik
2. Metode : Tanya jawab dengan teknik Numbered Head Together dan
diskusi dengan teknik STAD
G. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
Media Pembelajaran : Gambar-gambar yang relevan
Alat Pembelajaran : Laptop, LCD, Internet
H. SUMBER BELAJAR
1. Iwan Setiawan, Suciati, Ahmad Muslih, dan Dedi, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013, Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII: Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta, halaman : 2- 6
2. Aprilia Rachmawati H., Fenti Rahayu Setiani dan Ringo Rahata, Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII, Intan Pariwara, Klaten, halaman :2 -5
3. Internet
4. Lembar kerja siswa
I. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1. Persiapan dengan berjabat tangan dilanjutkan dengan do’a bersama dipimpin oleh salah satu siswa (religius)
2. Guru memeriksa kehadiran siswa
3. Tanya jawab tentang keadaan alam sekitar tempat tinggal siswa untuk memberi motivasi (menghargai pendapat orang lain)
4. Guru menginformasikan tujuan yang ingin dicapai
5. Guru mengajak siswa bernyanyi bersama lagu rayuan pulau kelapa (cinta tanah air) 10 menit
Inti 1. Guru menayangkan gambar tentang hutan yang masih lebat dan hutan yang terbakar melalui LCD
2. Siswa dibagi dalam 8 kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 4 siswa berdasarkan perbedaan jenis kelamin dan kemampuan.
Guru memberi pesan moral agar siswa berperilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, bekerja sama, toleran dan percaya diri dalam melaksanakan diskusi kelompok
3. Guru memberi tugas kepada setiap anggota kelompok dengan permasalahan sama pada nomor siswa yang sama pada kartu soal: (kerja sama)
4. Masing-masing kelompok memperoleh permasalahan yang berbeda pada kartu yang bernomor yang berbeda :
a. Siswa yang mempunyai no 1 mendapat soal
tentang perbedaan pengertian ruang dan waktu
b.Siswa yang mempunyai nomor 2 mendapat
soal mengidentifikasi antar ruang
c.Siswa yang mempunyai nomor 3 dan 4 mendapat aspek konektivitas ruang dan waktu
5. Setiap kelompok berdiskusi tentang permasalahan yang tercantum pada kartu yang bernomor
6. Setiap anggota kelompok harus mencatat hasil diskusinya
7. Setelah selesai siswa yang mempunya nomor yang sama pada masing-masing kelompok saling membacakan hasil kelompoknya secara bergantian (kerjasama dan menghargai pendapat orang lain)
8. Dari pendapat masing-masing kelompok pada nomor yang sama berkumpul menjadi satu kelompok baru untuk menyimpulkan hasilnya dan melaporkan hasil simpulan. ( kerjasama dan menghargai pendapat orang lain )
9. Hasil rangkuman dibaca ulang oleh salah satu siswa yang mempunyai nomor sama yang ditunjuk oleh guru.
( religius ) 60 menit
Penutup
1. Hasil kesimpulan dari masing-masing kelompok dikumpulkan setelah mendapat tanggapan dari guru
2. Melaksanakan test secara lesan (kejujuran)
3. Menugaskan peserta didik menyusun laporan tentang kehidupan antar manusia pada masa lampau, masa sekarang, dan masa yang akan datang dalam bidang sosial, ekonomi dan budaya, sebagai PR untuk pertemuan berikutnya. (tanggungjawab)
4. Penutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing (religius) 10 menit
Pertemua ke-2
KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Pendahuluan a. Berdoa, absensi kehadiran siswa (religius dan disiplin)
b. Motivasi (mengungkapkan manfaat mempelajari topik dalam kehidupan).
c. Apersepsi (mengkaitkan topik yang akan dipelajari dengan topik sebelumnya) rasa ingin tahu
d. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran (rasa ingin tahu)
10 menit
Kegiatan Inti
1. Siswa dibagi dalam 8 kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 4 siswa
2. Pelaksanaan STAD
a. Penugasan menggunakan LKS untuk dikerjakan dalam kelompok masing-masing, dengan pembagian:
- kelompok 1 dan 2 mendiskusikan tentang kebutuhan pokok dari manusia sejak praaksara, Hindhu-Buddha dan Islam (kerjasama)
- kelompok 3 dan 4 mendiskusikan tentang upaya yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada masa Pra Aksara, Hindu-Budha, dan masa Islam untuk memenuhi kebutuhannya/ aspek ekonomi (kerjasama)
- kelompok 5 dan 6 mendiskusikan tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa Pra Aksara, Hindu-Budha, dan masa Islam dari aspek budaya (kerjasama)
- kelompok 7 dan 8 mendiskusikan tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa Pra Aksara, Hindu-Budha, dan masa Islam dari aspek pendidikan (kerjasama)
b. Pelaksanaan diskusi kelompok
c. Pelaksanaan unjuk kerja/ presentasi,
Kelompok 1 ditanggapi kelompok 2
Kelompok 3 ditanggapi kelompok 4
Kelompok 5 ditanggapi kelompok 6
Kelompok 7 ditanggapi kelompok 8
(percaya diri, kerjasama, toleransi, rasa ingin tahu)
d. Pelaksanaan konfirmasi dilaksanakan dengan umpan balik berdasarkan hasil presentasi yang dilakukan oleh masing-masing kelompok 60 menit
Penutup a. Membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu dilakukan siswa bersama guru
b. Tes lesan (Kejujuran)
c. Melakukan refleksi atau menggali feedback dari Siswa
d. Menugaskan peserta didik mengumpulkan gambar hasil peninggalan kebudayaan pada masa Hindu Budha di Indonesia untuk pertemuan berikutnya, sebagai PR untuk pertemuan berikutnya. (tanggungjawab)
e. Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masin (religius dan disiplin) 10 menit
J. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Teknik penilaian :
a. Tes : tes lesan
b. Non tes : unjuk kerja (diskusi) dan unjuk produk (laporan hasil pengamatan)
2. Bentuk instrumen : uraian
Soal :
1). Apakah yang dimaksud dengan ruang ?
2). Apakah yang terjadi di Rembang jika pasokan bawang merah dari Brebes mengalami keterlambatan dalam pengiriman ?
3). Berilah 2 contoh kelangkaan sumber daya alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari!
4). Apakah yang dimaksud dengan kelangkaan ?
5). Berilah 4 contoh kebutuhan pokok dari manusia baik dari zaman praaksara, Hindhu- Buddha maupun Islam sampai sekarang yang harus dipenuhi !
Kunci Jawaban :
1). Ruang adalah suatu tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang meliputi udara,air,batuan,tumbuhan, hewan dan lain-lain yang ada didalamnya
2). Maka di Rembang akan terjadi kelangkaan bawang merah
3). Air jika dimusim kemarau, Minyak tanah, dll
4). Kelangkaan : terbatasnya alat pemuas kebutuhan manusia sedangkan kebutuhan manusia tidak terbatas
5). Makanan, air/minuman,rumah, pakaian dll
Skor penilaian :
a. Untuk tes uraian : jika jawaban salah diberi skor 0, jika jawaban betul diberi skor 2, jumlah skor maksimal adalah 10
b. Untuk diskusi
Rubrik Penilaian Pelaksanaan diskusi kelompok
No. Nama Siswa A s p e k Jumlah
Skor Nilai Ket.
Gagasan Kerja sama Inisiatif Keaktifan Kedisiplinan
1
2
3
4
5
Keterangan Skor : Kriteria Nilai
Baik sekali = 4 A = 80 – 100 : Baik Sekali
Baik = 3 B = 70 – 79 : Baik
Cukup = 2 C = 60 – 69 : Cukup
Kurang = 1 D = ‹ 60 : Kurang
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor maksimal
Rubrik Penilaian Produk Berupa Laporan
No. Nama Siswa A s p e k Jumlah
Skor Nilai
Tema Sumber Isi Analisis
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
Penilaian Sikap dalam proses pembelajaran
No.
Nama Perilaku
Nilai
Ket.
Kedisiplinan Kerjasama Kejujuran Tanggung Jawab
1.
2.
3.
4.
5.
Keterangan :
a. Kolom perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut :
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = sedang
4 = baik
5 = amat baik
b. Nilai merupakan jumlah dari skor-skor tiap indikator perilaku.
c. Keterangan diisi dengan kriteria berikut :
Nilai 18-20 = berarti amat baik
Nilai 14-17 = berarti baik
Nilai 10-13 = berarti sedang
Nilai 5-9 = berarti kurang
Nilai 0-4 = berarti sangat kurang
Konversi nilai
Skor total jawaban benar siswa
Konversi Nilai = ---------------------------------------- X 100
Skor maksimum perangkat tes
Rembang, ...............................2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPS
................................................ .......................................................
NIP......................................... NIP. ..............................................
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
-
Bismilahir rohmanir rohim Berikut ini 6 Bahan Bacaan KURIKULUM MERDEKA TERBARU : 1. Permendikbudristek Nomor 12/2024 tentang kurikulum mer...
-
PANDUAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Pada tanggal 22 Juli 2024 sesuai kalender akdemik merupakan h...
-
Bukti Dukung Pengelolaan Penilaian E Kinerja pada PMM Penilaian perilaku kerja guru oleh kepala sekolah adalah suatu proses evaluasi yang ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar