Rabu, 15 Januari 2014

RPP KURIKULUM 2013 HASIL DISKUSI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan Pendidikan : SMP .................................................... Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) Kelas / Semester : VI / 1 Tema : Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia Sub Tema : Konektivitas Antar Ruang dan Waktu Pertemuan Ke : 1 dan 2 Alokasi waktu : 4 x 40 Menit A. KOMPETENSI INTI : 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori B. KOMPETENSI DASAR Menghargai karunia Tuhan yang maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya 2.1 Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, aman, dan percaya diri sebagaimana ditunjukan oleh tokoh tokoh pada masa Hindu Buddha dan Islam dalam kehidupan sekarang 3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik) 4.3 Mengobservasi dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 1. Membedakan pengertian ruang dan waktu 2. Mengidentifikasikan unsur antar ruang dipermukaan bumi 3. Menjelaskan konektivitas antar ruang dan waktu D. TUJUAN PEMBELAJARAN Melalui diskusi siswa dapat : 1. Membedakan pengertian ruang dan waktu dengan benar 2. Mengidentifikasikan unsur antar ruang di permukaan bumi dengan tepat 3. Menjelaskan konektivitas antar ruang dan waktu di permukaan bumi dengan benar E. MATERI PEMBELAJARAN 1. Pengertian ruang dan waktu 2. Unsur antar ruang di permukaan bumi 3. Konektivitas antar ruang dan waktu di permukaan bumi F. METODE PEMBELAJARAN 1. Pendekatan : Saintifik 2. Metode : Tanya jawab dengan teknik Numbered Head Together dan diskusi dengan teknik STAD G. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN Media Pembelajaran : Gambar-gambar yang relevan Alat Pembelajaran : Laptop, LCD, Internet H. SUMBER BELAJAR 1. Iwan Setiawan, Suciati, Ahmad Muslih, dan Dedi, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013, Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII: Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta, halaman : 2- 6 2. Aprilia Rachmawati H., Fenti Rahayu Setiani dan Ringo Rahata, Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII, Intan Pariwara, Klaten, halaman :2 -5 3. Internet 4. Lembar kerja siswa I. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan ke-1 KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU Pendahuluan 1. Persiapan dengan berjabat tangan dilanjutkan dengan do’a bersama dipimpin oleh salah satu siswa (religius) 2. Guru memeriksa kehadiran siswa 3. Tanya jawab tentang keadaan alam sekitar tempat tinggal siswa untuk memberi motivasi (menghargai pendapat orang lain) 4. Guru menginformasikan tujuan yang ingin dicapai 5. Guru mengajak siswa bernyanyi bersama lagu rayuan pulau kelapa (cinta tanah air) 10 menit Inti 1. Guru menayangkan gambar tentang hutan yang masih lebat dan hutan yang terbakar melalui LCD 2. Siswa dibagi dalam 8 kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 4 siswa berdasarkan perbedaan jenis kelamin dan kemampuan. Guru memberi pesan moral agar siswa berperilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, bekerja sama, toleran dan percaya diri dalam melaksanakan diskusi kelompok 3. Guru memberi tugas kepada setiap anggota kelompok dengan permasalahan sama pada nomor siswa yang sama pada kartu soal: (kerja sama) 4. Masing-masing kelompok memperoleh permasalahan yang berbeda pada kartu yang bernomor yang berbeda : a. Siswa yang mempunyai no 1 mendapat soal tentang perbedaan pengertian ruang dan waktu b.Siswa yang mempunyai nomor 2 mendapat soal mengidentifikasi antar ruang c.Siswa yang mempunyai nomor 3 dan 4 mendapat aspek konektivitas ruang dan waktu 5. Setiap kelompok berdiskusi tentang permasalahan yang tercantum pada kartu yang bernomor 6. Setiap anggota kelompok harus mencatat hasil diskusinya 7. Setelah selesai siswa yang mempunya nomor yang sama pada masing-masing kelompok saling membacakan hasil kelompoknya secara bergantian (kerjasama dan menghargai pendapat orang lain) 8. Dari pendapat masing-masing kelompok pada nomor yang sama berkumpul menjadi satu kelompok baru untuk menyimpulkan hasilnya dan melaporkan hasil simpulan. ( kerjasama dan menghargai pendapat orang lain ) 9. Hasil rangkuman dibaca ulang oleh salah satu siswa yang mempunyai nomor sama yang ditunjuk oleh guru. ( religius ) 60 menit Penutup 1. Hasil kesimpulan dari masing-masing kelompok dikumpulkan setelah mendapat tanggapan dari guru 2. Melaksanakan test secara lesan (kejujuran) 3. Menugaskan peserta didik menyusun laporan tentang kehidupan antar manusia pada masa lampau, masa sekarang, dan masa yang akan datang dalam bidang sosial, ekonomi dan budaya, sebagai PR untuk pertemuan berikutnya. (tanggungjawab) 4. Penutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing (religius) 10 menit   Pertemua ke-2 KEGIATAN DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU Pendahuluan a. Berdoa, absensi kehadiran siswa (religius dan disiplin) b. Motivasi (mengungkapkan manfaat mempelajari topik dalam kehidupan). c. Apersepsi (mengkaitkan topik yang akan dipelajari dengan topik sebelumnya) rasa ingin tahu d. Menginformasikan tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran (rasa ingin tahu) 10 menit Kegiatan Inti 1. Siswa dibagi dalam 8 kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 4 siswa 2. Pelaksanaan STAD a. Penugasan menggunakan LKS untuk dikerjakan dalam kelompok masing-masing, dengan pembagian: - kelompok 1 dan 2 mendiskusikan tentang kebutuhan pokok dari manusia sejak praaksara, Hindhu-Buddha dan Islam (kerjasama) - kelompok 3 dan 4 mendiskusikan tentang upaya yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada masa Pra Aksara, Hindu-Budha, dan masa Islam untuk memenuhi kebutuhannya/ aspek ekonomi (kerjasama) - kelompok 5 dan 6 mendiskusikan tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa Pra Aksara, Hindu-Budha, dan masa Islam dari aspek budaya (kerjasama) - kelompok 7 dan 8 mendiskusikan tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa Pra Aksara, Hindu-Budha, dan masa Islam dari aspek pendidikan (kerjasama) b. Pelaksanaan diskusi kelompok c. Pelaksanaan unjuk kerja/ presentasi, Kelompok 1 ditanggapi kelompok 2 Kelompok 3 ditanggapi kelompok 4 Kelompok 5 ditanggapi kelompok 6 Kelompok 7 ditanggapi kelompok 8 (percaya diri, kerjasama, toleransi, rasa ingin tahu) d. Pelaksanaan konfirmasi dilaksanakan dengan umpan balik berdasarkan hasil presentasi yang dilakukan oleh masing-masing kelompok 60 menit Penutup a. Membuat kesimpulan tentang materi pembelajaran hari itu dilakukan siswa bersama guru b. Tes lesan (Kejujuran) c. Melakukan refleksi atau menggali feedback dari Siswa d. Menugaskan peserta didik mengumpulkan gambar hasil peninggalan kebudayaan pada masa Hindu Budha di Indonesia untuk pertemuan berikutnya, sebagai PR untuk pertemuan berikutnya. (tanggungjawab) e. Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masin (religius dan disiplin) 10 menit J. PENILAIAN HASIL BELAJAR 1. Teknik penilaian : a. Tes : tes lesan b. Non tes : unjuk kerja (diskusi) dan unjuk produk (laporan hasil pengamatan) 2. Bentuk instrumen : uraian Soal : 1). Apakah yang dimaksud dengan ruang ? 2). Apakah yang terjadi di Rembang jika pasokan bawang merah dari Brebes mengalami keterlambatan dalam pengiriman ? 3). Berilah 2 contoh kelangkaan sumber daya alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari! 4). Apakah yang dimaksud dengan kelangkaan ? 5). Berilah 4 contoh kebutuhan pokok dari manusia baik dari zaman praaksara, Hindhu- Buddha maupun Islam sampai sekarang yang harus dipenuhi ! Kunci Jawaban : 1). Ruang adalah suatu tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang meliputi udara,air,batuan,tumbuhan, hewan dan lain-lain yang ada didalamnya 2). Maka di Rembang akan terjadi kelangkaan bawang merah 3). Air jika dimusim kemarau, Minyak tanah, dll 4). Kelangkaan : terbatasnya alat pemuas kebutuhan manusia sedangkan kebutuhan manusia tidak terbatas 5). Makanan, air/minuman,rumah, pakaian dll Skor penilaian : a. Untuk tes uraian : jika jawaban salah diberi skor 0, jika jawaban betul diberi skor 2, jumlah skor maksimal adalah 10 b. Untuk diskusi Rubrik Penilaian Pelaksanaan diskusi kelompok No. Nama Siswa A s p e k Jumlah Skor Nilai Ket. Gagasan Kerja sama Inisiatif Keaktifan Kedisiplinan 1 2 3 4 5 Keterangan Skor : Kriteria Nilai Baik sekali = 4 A = 80 – 100 : Baik Sekali Baik = 3 B = 70 – 79 : Baik Cukup = 2 C = 60 – 69 : Cukup Kurang = 1 D = ‹ 60 : Kurang Skor perolehan Nilai = X 100 Skor maksimal Rubrik Penilaian Produk Berupa Laporan No. Nama Siswa A s p e k Jumlah Skor Nilai Tema Sumber Isi Analisis Skor perolehan Nilai = X 100 Skor Maksimal Penilaian Sikap dalam proses pembelajaran No. Nama Perilaku Nilai Ket. Kedisiplinan Kerjasama Kejujuran Tanggung Jawab 1. 2. 3. 4. 5. Keterangan : a. Kolom perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut : 1 = sangat kurang 2 = kurang 3 = sedang 4 = baik 5 = amat baik b. Nilai merupakan jumlah dari skor-skor tiap indikator perilaku. c. Keterangan diisi dengan kriteria berikut : Nilai 18-20 = berarti amat baik Nilai 14-17 = berarti baik Nilai 10-13 = berarti sedang Nilai 5-9 = berarti kurang Nilai 0-4 = berarti sangat kurang Konversi nilai Skor total jawaban benar siswa Konversi Nilai = ---------------------------------------- X 100 Skor maksimum perangkat tes Rembang, ...............................2013 Mengetahui, Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPS ................................................ ....................................................... NIP......................................... NIP. ..............................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar