Rabu, 15 Januari 2014

MATERI PTK DARI PAK HASAN

WORKSHOP PENGEMBANGAN PROFESIONALISME MELALUI PENULISAN KARYA ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS) Oleh Drs. Nur Hasan, M.Pd. DISAMPAIKAN PADA PELATIHAN PTK MGMP IPS SMP/MTs. KAB. REMBANG Sekretariat: Jalan P Diponegoro 92 Rembang E-mail: hasan_enha@yahoo.co.id RAMBU-RAMBU PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN SEKOLAH (PTK/PTS) PENGANTAR Setiap mendengar istilah penelitian, para guru, kepala sekolah, bahkan pengawas sekolah seringkali menganggap kegiatan itu sulit dan berat. Bayangan mereka penelitian harus menggunakan statistik dengan rumus dan analisis yang rumit. Akhirnya, pekerjaan penelitian yang sederhana pun dianggap sesuatu yang di luar jangkauan kemampuan mereka. Padahal sebetulnya semua orang dapat melakukannya. Keahlian meneliti dapat dilakukan dengan cara “Copy the Master”, yaitu membaca, meniru, menyesuaikan, menambah, mengembangkan dari penelitian yang sudah ada. Berikut ini disajkan hal-hal atau unsur-unsur utama yang perlu dipahami dalam memulai suatu pekerjaan penelitian. MERUMUSKAN JUDUL PENELITIAN PTK/PTS  Ditulis secara singkat, spesifik dan jelas  Menggambarkan masalah yang akan diteliti  Menggambarkan tindakan penelitian yang dipilih untuk memecahkan masalah  Setting (tempat dan waktu)  Sekitar 20 kata Contoh Judul PTK: a. Penggunaan Media Pandang Dengar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas .... b. Peningkatan Kompetensi Menulis Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Fantasi Korelasi di Kelas … c. Upaya Meningkatkan Keberanian Siswa Bertanya dengan Metode “Twenty Question” di Kelas d. Optimalisasi Hasil Belajar Membaca Pemahaman Melalui Teknik SQ3R pada Siswa Kelas … e. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Argumentasi Melalui Metode “Delikan” di kelas ... f. Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Pemahaman Otonomi Daerah... g. Peningkatan kemampuan Baca Tulis Al-Quran dengan Model Tutor Sebaya.... h. Peningkatan Kemampuan Passing Atas Volly melalui penggunaan Bola Gantung.. Contoh Judul PTS: a. Upaya Peningkatan kinerja guru melalui pelatihan berkelanjutan ..... b. Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui kegiatan lokakarya.... c. Upaya Peningkatan kompetensi profesional guru melalui lesson study.... d. Peningkatan kemampuan guru dalam pembelajaran tematik melalui pemodelan... BAB I PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG MASALAH  Masalah PTK/PTS yang diangkat: o Merupakan masalah nyata di kelas / sekolah, bukan hasil kajian teoretik dari buku o Dapat terinspirasi dari hasil penelitian terdahulu, tetapi digali dari permasalahan pembelajaran yang aktual. o Masalah didiagnosis secara kolaboratif oleh guru dan teman sejawat (dapat pula dengan kepala sekolah, pengawas, widyaiswara, dan dosen).  Masalah harus bersifat: o penting dan mendesak untuk dipecahkan, o dapat dilaksanakan (ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya).  Identifikasi masalah disertai data pendukung  Deskripsikan dan analisis penyebab timbulnya masalah secara komprehensif, sehingga ketemu akar masalahnya. B. RUMUSAN MASALAH Rumusan masalah disusun:  Substansi bentuk rumusan PTK/PTS  Ada permasalahan yang akan diatasi  Ada alternatif tindakan yang akan diambil dan hasil positif yang diantisipasi  Bentuk rumusan menggunakan kalimat tanya, contoh:  Apakah Penggunaan Metode ”Delikan” dapat meningkatkan Pembelajaran Menulis Argumentasi?  Apakah Penerapan Pelatihan Berkelanjutan dapat Meningkatkan Kinerja Guru? C. TUJUAN PENELITIAN Dirumuskan secara singkat dan jelas tentang apa yang ingin diatasi atau dicapai berdasarkan permasalahan dan cara pemecahan masalah yang dikemukakan. Contoh: 1. Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan metode delikan 2. Meningkatkan hasil belajar yang lebih bermakna baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa melalui penggunaan penggunaan metode delikan. D. MANFAAT PENELITIAN - Manfaat diuraikan secara jelas dan sistematis baik - Kemukakan manfaat bagi siswa, guru, komponen pendidikan terkait di sekolah,. 1. Bagi siswa: a. Tumbuhnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran b. Meningkatnya hasil belajar siswa baik aspek kognitif maupun afektif c. Meningkatnya kecakapan komunikasi siswa dalam lingkungan sosialnya d. Meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar 2. Bagi guru: a. mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran menulis argumentasi b. diperolehnya strategi pembelajaran yang tepat untuk materi bahasan menulis argumentasi c. diperolehnya media pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran menulis argumentasi 3. Bagi Sekolah: a. Meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis argumentasi b. Tumbuhnya motivasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang bermutu c. Tumbuhnya iklim pembelajaran siswa aktif di sekolah BAB II Kajian Teori dan Hipotesis Tindakan a. Deskripsikan kajian teori yang relevan dengan topik penelitian yang dilakukan , terutama variabel yang mau diatasi dan variabel digunakan untuk mengatasi b. Deskripsikan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan topik yang diteliti c. Buat kerangka pemikiran yang menjelaskan keandalan tindakan untuk mengatasi masalah. d. Buat kerangka pemikiran diatas dalam bentuk gambar skema tindakan e. Tulislah Hipotesis tindakan. BAB III Metode Penelitian A. Setting Penelitian Deskripsikan Tempat, kondisi dan waktu penelitian dilakukan B. Subjek Penelitian Deskripsikan Subjek penelitian secara lugas yang mencakup jumlah, jenis kelamin, cakupan, kondisi siswa, kondisi guru. C. Siklus Penelitian Jelaskan jumlah siklus, tindakan siklus I, siklus 2 dan seterusnya disertai dengan penjelasan D. Prosedur Penelitian Prosedur Penelitian mencakup: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta analisis dan refleksi a. Perencanaan Tindakan Deskripsikan tentang persiapan tindakan, kegiatannya mencakup : - penyusunan rencana tindakan (skenario pembelajaran) - penyusunan media - penyusunan materi - penyusunan instrumen - Simulasi rencana tindakan (skenario pembelajaran) b. Pelaksanaan tindakan Deskripsikan rencana pelaksanaan tindakan dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta jumlah pertemuaannya. c. Observasi tindakan Jelaskan data yang dikumpulkan dan teknik pengumpulan datanya (soal test, lembar observasi, kuesioner) d. Analisis dan Refleksi Deskripsikan teknik analisis yang digunakan serta bahan dan prosedur refleksi yang digunakan BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Pada bagian ini sistematika sajiannya dapat dibuat sebagai berikut: A. Kondisi Awal B. Siklus I C. Siklus II D. Siklus III E. Siklus berikutnya (jika ada) F. Pembahasan antar siklus Penjelasan A. Kondisi Awal Deskripsikan fakta dari permasalahan atau kondisi variabel yang ada sebelum dilakukan penelitian, Misalnya: nilai tes rata-rata yang dicapai, aspek kecakapan hidup yang ada, tingkat keberanian bertanya siswa, miskonsepsi, dan sejenisnya. B. Siklus I, Untuk masing-masing siklus dapat disajikan urutan sebagai berikut: 1. Rencana tindakan (deskripsikan skenario pembelajaran), 2. Pelaksanaan tindakan (deskripsi hasil observasi proses pelaksanaan pembelajaran secara rinci dari dari awal sampai akhir setiap pertemuan) 3. Hasil Tindakan (sajikan /deskripsikan hasil analisis data dari observasi proses, hasil tes, dan angket) a. Hasil Belajar siswa aspek kognitif b. Hasil Belajar siswa aspek kecakapan komunikasi (keberanian siswa dalam bertanya, berpendapat dan berargumentasi) c. Efektivitas cara pembelajaran menurut siswa dan seterusnya 4. Refleksi ( Deskripsikan hasil analisis tindakan dan bandingkan dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan). Deskripsi ini merupakan sajian analisis kritis terhadap indikator kinerja versus hasil tindakan serta pengembangan konsep teoritis dan rencana tindak lanjut yang diperlukan. B. Siklus II (seperti siklus I) C. Siklus III ((seperti siklus I) D. ........... E. Pembahasan Antar Siklus Catatan: PTK/PTS minimal dilakukan dalam dua siklus. BAB V SIMPULAN DAN SARAN a. Simpulan : Merupakan jawaban terhadap perumusan masalah b. Saran : Merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian baik yang bersifat teoritis, praktis, maupun kebijakan. Berikut ini disajikan secara lengkap Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah yang dikembangkan di LPMP Jateng. SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS/SEKOLAH A. Bagian Pembuka • Halaman Judul • Lembar Pengesahan • Kata Pengantar • Daftar Isi • Daftar Tabel (bila ada) • Daftar Gambar (bila ada) • Daftar Lampiran • Abstrak atau Ringkasan B. Bagian Isi BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah B. Rumusan Masalah C. Tujuan Penelitian D. Manfaat Penelitian BAB II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS A. Landasan Teori B. Penelitian yang Relevan C. Kerangka Berpikir D. Hipotesis Tindakan BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Setting Penelitian B. Subjek Penelitian C. Sumber Data D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data E. Validasi Data F. Analisis Data G. Indikator Kinerja H. Prosedur Penelitian BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Deskripsi Kondisi Awal B. Deskripsi Siklus I C. Deskripsi Siklus II, dst. D. Pembahasan Tiap Siklus dan Antar Siklus E. Hasil Penelitian BAB V PENUTUP A. Simpulan B. Implikasi/Rekomendasi C. Saran C. Bagian Penunjang 1. Daftar Pustaka 2. Lampiran-lampiran Daftar Pustaka Suharsimi, Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publiser. Suharjono, dkk. 2001. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar