Rabu, 15 Januari 2014
MATERI PTK DARI PAK HASAN
WORKSHOP
PENGEMBANGAN PROFESIONALISME
MELALUI PENULISAN KARYA ILMIAH
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN
PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS)
Oleh
Drs. Nur Hasan, M.Pd.
DISAMPAIKAN PADA PELATIHAN PTK
MGMP IPS SMP/MTs. KAB. REMBANG
Sekretariat: Jalan P Diponegoro 92 Rembang
E-mail: hasan_enha@yahoo.co.id
RAMBU-RAMBU PENULISAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS DAN SEKOLAH (PTK/PTS)
PENGANTAR
Setiap mendengar istilah penelitian, para guru, kepala sekolah, bahkan pengawas sekolah seringkali menganggap kegiatan itu sulit dan berat. Bayangan mereka penelitian harus menggunakan statistik dengan rumus dan analisis yang rumit. Akhirnya, pekerjaan penelitian yang sederhana pun dianggap sesuatu yang di luar jangkauan kemampuan mereka. Padahal sebetulnya semua orang dapat melakukannya. Keahlian meneliti dapat dilakukan dengan cara “Copy the Master”, yaitu membaca, meniru, menyesuaikan, menambah, mengembangkan dari penelitian yang sudah ada.
Berikut ini disajkan hal-hal atau unsur-unsur utama yang perlu dipahami dalam memulai suatu pekerjaan penelitian.
MERUMUSKAN JUDUL PENELITIAN PTK/PTS
Ditulis secara singkat, spesifik dan jelas
Menggambarkan masalah yang akan diteliti
Menggambarkan tindakan penelitian yang dipilih untuk memecahkan masalah
Setting (tempat dan waktu)
Sekitar 20 kata
Contoh Judul PTK:
a. Penggunaan Media Pandang Dengar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas ....
b. Peningkatan Kompetensi Menulis Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Fantasi Korelasi di Kelas …
c. Upaya Meningkatkan Keberanian Siswa Bertanya dengan Metode “Twenty Question” di Kelas
d. Optimalisasi Hasil Belajar Membaca Pemahaman Melalui Teknik SQ3R pada Siswa Kelas …
e. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Argumentasi Melalui Metode “Delikan” di kelas ...
f. Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Pemahaman Otonomi Daerah...
g. Peningkatan kemampuan Baca Tulis Al-Quran dengan Model Tutor Sebaya....
h. Peningkatan Kemampuan Passing Atas Volly melalui penggunaan Bola Gantung..
Contoh Judul PTS:
a. Upaya Peningkatan kinerja guru melalui pelatihan berkelanjutan .....
b. Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui kegiatan lokakarya....
c. Upaya Peningkatan kompetensi profesional guru melalui lesson study....
d. Peningkatan kemampuan guru dalam pembelajaran tematik melalui pemodelan...
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Masalah PTK/PTS yang diangkat:
o Merupakan masalah nyata di kelas / sekolah, bukan hasil kajian teoretik dari buku
o Dapat terinspirasi dari hasil penelitian terdahulu, tetapi digali dari permasalahan pembelajaran yang aktual.
o Masalah didiagnosis secara kolaboratif oleh guru dan teman sejawat (dapat pula dengan kepala sekolah, pengawas, widyaiswara, dan dosen).
Masalah harus bersifat:
o penting dan mendesak untuk dipecahkan,
o dapat dilaksanakan (ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya).
Identifikasi masalah disertai data pendukung
Deskripsikan dan analisis penyebab timbulnya masalah secara komprehensif, sehingga ketemu akar masalahnya.
B. RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah disusun:
Substansi bentuk rumusan PTK/PTS
Ada permasalahan yang akan diatasi
Ada alternatif tindakan yang akan diambil dan hasil
positif yang diantisipasi
Bentuk rumusan menggunakan kalimat tanya, contoh:
Apakah Penggunaan Metode ”Delikan” dapat meningkatkan Pembelajaran Menulis Argumentasi?
Apakah Penerapan Pelatihan Berkelanjutan dapat Meningkatkan Kinerja Guru?
C. TUJUAN PENELITIAN
Dirumuskan secara singkat dan jelas tentang apa yang ingin diatasi atau dicapai berdasarkan permasalahan dan cara pemecahan masalah yang dikemukakan.
Contoh:
1. Meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan metode delikan
2. Meningkatkan hasil belajar yang lebih bermakna baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa melalui penggunaan penggunaan metode delikan.
D. MANFAAT PENELITIAN
- Manfaat diuraikan secara jelas dan sistematis baik
- Kemukakan manfaat bagi siswa, guru, komponen pendidikan terkait di sekolah,.
1. Bagi siswa:
a. Tumbuhnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran
b. Meningkatnya hasil belajar siswa baik aspek kognitif maupun afektif
c. Meningkatnya kecakapan komunikasi siswa dalam lingkungan sosialnya
d. Meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar
2. Bagi guru:
a. mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran menulis argumentasi
b. diperolehnya strategi pembelajaran yang tepat untuk materi bahasan menulis argumentasi
c. diperolehnya media pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran menulis argumentasi
3. Bagi Sekolah:
a. Meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis argumentasi
b. Tumbuhnya motivasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang bermutu
c. Tumbuhnya iklim pembelajaran siswa aktif di sekolah
BAB II
Kajian Teori dan Hipotesis Tindakan
a. Deskripsikan kajian teori yang relevan dengan topik penelitian yang dilakukan , terutama variabel yang mau diatasi dan variabel digunakan untuk mengatasi
b. Deskripsikan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan topik yang diteliti
c. Buat kerangka pemikiran yang menjelaskan keandalan tindakan untuk mengatasi masalah.
d. Buat kerangka pemikiran diatas dalam bentuk gambar skema tindakan
e. Tulislah Hipotesis tindakan.
BAB III
Metode Penelitian
A. Setting Penelitian
Deskripsikan Tempat, kondisi dan waktu penelitian dilakukan
B. Subjek Penelitian
Deskripsikan Subjek penelitian secara lugas yang mencakup jumlah, jenis kelamin, cakupan, kondisi siswa, kondisi guru.
C. Siklus Penelitian
Jelaskan jumlah siklus, tindakan siklus I, siklus 2 dan seterusnya disertai dengan penjelasan
D. Prosedur Penelitian
Prosedur Penelitian mencakup: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta analisis dan refleksi
a. Perencanaan Tindakan
Deskripsikan tentang persiapan tindakan, kegiatannya
mencakup :
- penyusunan rencana tindakan (skenario pembelajaran)
- penyusunan media
- penyusunan materi
- penyusunan instrumen
- Simulasi rencana tindakan (skenario pembelajaran)
b. Pelaksanaan tindakan
Deskripsikan rencana pelaksanaan tindakan dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta jumlah pertemuaannya.
c. Observasi tindakan
Jelaskan data yang dikumpulkan dan teknik pengumpulan
datanya (soal test, lembar observasi, kuesioner)
d. Analisis dan Refleksi
Deskripsikan teknik analisis yang digunakan serta bahan dan prosedur refleksi yang digunakan
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Pada bagian ini sistematika sajiannya dapat dibuat sebagai berikut:
A. Kondisi Awal
B. Siklus I
C. Siklus II
D. Siklus III
E. Siklus berikutnya (jika ada)
F. Pembahasan antar siklus
Penjelasan
A. Kondisi Awal
Deskripsikan fakta dari permasalahan atau kondisi variabel yang ada sebelum dilakukan penelitian, Misalnya: nilai tes rata-rata yang dicapai, aspek kecakapan hidup yang ada, tingkat keberanian bertanya siswa, miskonsepsi, dan sejenisnya.
B. Siklus I,
Untuk masing-masing siklus dapat disajikan urutan sebagai berikut:
1. Rencana tindakan (deskripsikan skenario pembelajaran),
2. Pelaksanaan tindakan (deskripsi hasil observasi proses pelaksanaan pembelajaran secara rinci dari dari awal sampai akhir setiap pertemuan)
3. Hasil Tindakan (sajikan /deskripsikan hasil analisis data dari observasi proses, hasil tes, dan angket)
a. Hasil Belajar siswa aspek kognitif
b. Hasil Belajar siswa aspek kecakapan komunikasi (keberanian siswa dalam bertanya, berpendapat dan berargumentasi)
c. Efektivitas cara pembelajaran menurut siswa dan seterusnya
4. Refleksi ( Deskripsikan hasil analisis tindakan dan bandingkan dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan). Deskripsi ini merupakan sajian analisis kritis terhadap indikator kinerja versus hasil tindakan serta pengembangan konsep teoritis dan rencana tindak lanjut yang diperlukan.
B. Siklus II (seperti siklus I)
C. Siklus III ((seperti siklus I)
D. ...........
E. Pembahasan Antar Siklus
Catatan: PTK/PTS minimal dilakukan dalam dua siklus.
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
a. Simpulan :
Merupakan jawaban terhadap perumusan masalah
b. Saran :
Merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian baik yang bersifat teoritis, praktis, maupun kebijakan.
Berikut ini disajikan secara lengkap Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah yang dikembangkan di LPMP Jateng.
SISTEMATIKA
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS/SEKOLAH
A. Bagian Pembuka
• Halaman Judul
• Lembar Pengesahan
• Kata Pengantar
• Daftar Isi
• Daftar Tabel (bila ada)
• Daftar Gambar (bila ada)
• Daftar Lampiran
• Abstrak atau Ringkasan
B. Bagian Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
BAB II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
A. Landasan Teori
B. Penelitian yang Relevan
C. Kerangka Berpikir
D. Hipotesis Tindakan
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Setting Penelitian
B. Subjek Penelitian
C. Sumber Data
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data
E. Validasi Data
F. Analisis Data
G. Indikator Kinerja
H. Prosedur Penelitian
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Kondisi Awal
B. Deskripsi Siklus I
C. Deskripsi Siklus II, dst.
D. Pembahasan Tiap Siklus dan Antar Siklus
E. Hasil Penelitian
BAB V PENUTUP
A. Simpulan
B. Implikasi/Rekomendasi
C. Saran
C. Bagian Penunjang
1. Daftar Pustaka
2. Lampiran-lampiran
Daftar Pustaka
Suharsimi, Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Susilo. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publiser.
Suharjono, dkk. 2001. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
-
Bismilahir rohmanir rohim Berikut ini 6 Bahan Bacaan KURIKULUM MERDEKA TERBARU : 1. Permendikbudristek Nomor 12/2024 tentang kurikulum mer...
-
PANDUAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Pada tanggal 22 Juli 2024 sesuai kalender akdemik merupakan h...
-
Bukti Dukung Pengelolaan Penilaian E Kinerja pada PMM Penilaian perilaku kerja guru oleh kepala sekolah adalah suatu proses evaluasi yang ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar